sudah ACC
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1
Gambaran
Umum Madrasah Aliyah Ghozaliyah
4.1.1
Sejarah
Madrasah Aliyah Ghozaliyah
Yayasan
Pendidikan Ghozaliyah, Jl. Ponpes Al-Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto-Jombang
Telp./Fax. (0321) 868484. MA. Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang di
dirikan tanggal 17 Juli 1991 di bawah naungan yayasan pendidikan Ghozaliyah,
yang di dukung oleh para tokoh masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi
muda yang handal, Cerdas, terampil, berakhlaqul karimah, serta memiliki keimanan
dan ketaqwaan yang tinggi kepada Allah SWT. Sehingga mampu menghadapi tantangan
di era globalisasi.
Sambutan
dan kepercayaan masyarakat sangat bagus karena MA. Ghozaliyah di kelola dengan
manajemen yang transparan dan akuntable. Para siswa didik dengan kedisiplinan
yang tinggi dibimbing secara intensif untuk mempraktekkan ibadah dan
berakhlaqul kharimah.
Dalam
pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) MA. GHOZALIYAH telah
mempersiapkan sarana dan prasarana yang respresentatif berupa laboratorium
computer, Laboratorium IPA, Internet, Hotspot dan Corel Draw agar siswa dapat
mempelajari dan menguasai teknologi siap pakai.
MA. GHOZALIYAH
sumbermulyo Jogoroto Jombang menggunakan perpaduan antara kurikulum Kementerian
Pendidikan Nasional, Kementerian Agama RI serta Kurikulum Khusus penguasaan
Ilmu Agama yang diterbitkan oleh yayasan dan Ponpes. Al-Ghozaliyah Sumbermulyo
Jogoroto Jombang.
Pengembangan
bakat dan minat siswa (ekstrakulikuler) MA. Ghozaliyah juga memberikan ruang
bagi siswa untuk berekspresi melalui kegiatan seperti:
a. Pramuka
b. Olah
Raga
c. Seni
Al- banjari
d. Percetakan
dan Sablon
e. Teater
f. Paduan
Suara
g. PKS
atau Kelalulintasan
h. Elektro
i. Dll.
Sejak
lahir Ghozaliyah bertekad mendobrak kebodohan. Ciri-cirinya terdapat pada
Akhlakul Karimah. Sampai kini Ghozaliyah berdiri tetap kuat, kokoh tak tertandingi, visi misinya
maju kedepan wujudkan masyarakat mandiri.
4.1.2
Profil
Madrasah
a. Identitas Madrasah
1)
Nama Madrasah :
Madrasah Aliyah Ghozaliyah
2)
Alamat :.Sidowaras,
Sumbermulyo, Jogoroto, Jombang, Jawa timur.
3)
Nama Yayasan :
Yayasan Pendidikan Ghozaliyah
4)
Status Madrasah :
Terakreditasi B
5)
SK. Izin Operasional Madrasah :
nomor :
Kw.13.4/4/PP.00.6/447/2010
tanggal : 01
Juli 2010
6)
NSM :
131235170039
7)
Tahun Berdiri :1991
8)
Nama Kepala Madrasah : Nasrullah Am
SH, S.Pd
9)
SK. Kepala Sekolah :
nomor :
YPG/AK/BA.04/02/2011
tanggal : 01 Juli 2011
b. Data Jumlah Guru Dan Siswa Tahun 2011/2012
Tabel 4.1 Jumlah Guru
Status
|
Jenis
Kelamin
|
Golongan
|
Pendidikan
|
Jumlah
|
|||||||
Lk
|
Pr
|
II
|
III
|
IV
|
SLTA
|
D-II
|
D-III
|
S-1
|
S-2
|
||
PNS
|
|||||||||||
Honor/GTT
|
18
|
4
|
2
|
20
|
22
|
||||||
Jumlah
|
18
|
4
|
2
|
20
|
22
|
Sumber data: M.A. Ghozaliyah
c. Jumlah Siswa
Tabel 4.2 Jumlah Siswa
Kelas
|
Jumlah
Kelas
|
Jenis
Kelamin
|
Jumlah
|
||
IPA
|
IPS
|
Lk
|
Pr
|
||
1
|
1
|
1
|
25
|
38
|
63
|
2
|
2
|
23
|
44
|
67
|
|
3
|
2
|
24
|
39
|
63
|
|
Jumlah
|
1
|
5
|
72
|
121
|
193
|
Sumber data: M.A. Ghozaliyah
4.1.3
Visi dan Misi
Madrasah Aliyah Ghozaliyah
a. Visi
Visi dari M.A. Ghozaliyah
adalah Terciptanya
potensi peserta didik yang berkualitas, kompetitif di tingkat yang lebih tinggi
dan mampu hidup mandiri.
b. Misi
Misi dari M.A. Ghozaliyah
adalah :
- mewujudkan lembaga pendidikan yang islami dan berkualitas,
- mengembangkan kurikulum madrasah yang representatip,
- mendaya-gunakan SDM yang memiliki kompetensi dan proporsional,
- mewujudkan generasi terampil yang berilmu dan dapat berkompetensi dalam menghadapi tantangan jaman.
4.1.4
Struktur
Organisasi
Untuk memudahkan suatu
koordinasi dalam Manajemen Sekolah maka disusunlah suatu
struktur kepengurusan sebagai berikut :
gambar tidak ditemukan
4.1.5 Tujuan Madrasah
Tujuan Dari Madrasah Ghozaliyah adalah:
- memiliki peserta didik yang meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaan,
- memiliki peserta didik yang berakhlaqul karimah kehidupan sehari-hari,
- memiliki peserta didik yang berprestasi dalam menguasai ilmu pengetahuan (SAINS) dan teknologi,
- memiliki peserta didik yang mampu menjadi masyarakat mandiri.
4.1.6
Deskripsi Responden
Penyajian data mengenai
keadaan responden dapat diketahui melalui jawaban responden dari
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan didalam pertanyaan umum kuisioner yang
telah diberikan. Dari jawaban tersebut deskripsi penelitian akan dimulai dengan
mengidentifikasi dan karakteristik responden berdasarkan demografi dan
distribusi frekuensi item-item pertanyaan masing-masing variabel yang merupakan
jawaban responden secara keseluruhan yang dihasilkan dalam angka prosentase.
Adapun karakteristik responden bisa dilihat dari beberapa
bagian sebagai berikut :
a.
berdasarkan jumlah responden
Tabel 4.3 jumlah responden
NO
|
N A M A
|
NO
|
N A M A
|
No
|
N A M A
|
1
|
Dewi
Maryam
|
24
|
Zainul
Abidin A.
|
47
|
Ajrul
F.
|
2
|
Syahidah
nafsah
|
25
|
Munadhifah
|
48
|
M.
Subur
|
3
|
Ida
Faricha
|
26
|
Umul
Maf'uliyah
|
49
|
Nenok
Wahyudi
|
4
|
Walidatus
Sholikhah
|
27
|
Ulfatus
Sa'diyah
|
50
|
Musthofa
Tuhuri
|
5
|
Silvia
Mar'atul H.
|
28
|
Safer
Innadia
|
51
|
Ahmad
Mufid M.
|
6
|
Rikalatul
N. A.
|
29
|
Hanimmatul
U.
|
52
|
Miftakhul
Karim
|
7
|
Siti
Maria Ulfah
|
30
|
Lailatul
Fitria N R
|
53
|
Nur
Ainiyah
|
8
|
Siti
Rofiqoh
|
31
|
Nur
Hidayati
|
54
|
Farit
Al-Muazzimi
|
9
|
Sirli
Marzuqo
|
32
|
Devi
Nofita S.
|
55
|
Ma'ruf
Islamuddin
|
10
|
Siti
Yani Anjarsari
|
33
|
Ria
Siti Sh.
|
56
|
Firqotun
|
11
|
Nurul
Badriyah
|
34
|
Siri
Masruroh B
|
57
|
Aris
Zuliani
|
NO
|
N A M A
|
NO
|
N A M A
|
No
|
N A M A
|
12
|
Nurma
Indi A
|
35
|
Nur
Lailiyah
|
58
|
Fatchur
Rozi
|
13
|
Mazro'atus
Sa'adah
|
36
|
Nur
Maghfirotul A.
|
59
|
Hermanto
|
14
|
lailatur
Rosyidah
|
37
|
Siti
Masruroh A
|
60
|
Maya
Fatmawati
|
15
|
Ni'matul
Azimah
|
38
|
A.
Qomaruddin
|
61
|
Fatchul
Musthofi
|
16
|
Siti
Fatimatuz Zahro
|
39
|
Aqidah
Masduki
|
62
|
Bahrur
Rozi
|
17
|
Arief
Efendi
|
40
|
Siti
Mamlu'ah
|
63
|
Fitri
Devi S.
|
18
|
Nur
Azizah
|
41
|
Hidayatul
M.
|
64
|
Sa'id
Ali M.
|
19
|
Nadia
Islamiyah
|
42
|
Karimatul
Ainiyah
|
65
|
Siti Mas'udah
|
20
|
Adi
Sugeng
|
43
|
Ja'far
Shodiq
|
66
|
Fitri
Zuliana
|
21
|
M.
Ainur Rofiq
|
44
|
Saichuddin
|
67
|
Elmi
Nut Aini
|
22
|
Desi
Fatimatuz Z.
|
45
|
Ali
Mahsun
|
Jumlah Total 67 Siswa
|
|
23
|
Zainal
Arifin
|
46
|
Rani
Silfiani
|
Sumber Data : Data Primer
b. berdasarkan jenis
kelamin
Tabel 4.4 jenis kelamin
No
|
Jenis Kelamin
|
Keterangan
|
1
2
|
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
|
23
44
|
Jumlah
|
67
|
Sumber Data : Data Primer
4.2
Data
Khusus
Untuk mendapatkan hasil
penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, maka perlu diadakan
pengolahan data sehingga hasil penelitian membuktikan hipotesis penelitian yang
telah diajukan pada bab terdahulu.
4.2.1 Deskripsi data
Deskripsi data membahas tentang pengaruh Disiplin dan Motivasi
belajar terhadap prestasi belajar siswa di M.A. Ghozaliyah Kelas IX Sumbermulyo
Jombang tahun 2011/2012.
Dalam pengambilan data, peneliti
menggunakan angket yang disebar kepada responden dengan beberapa pertanyaan
yang menilai tentang disiplin dan motivasi belajar siswa. Adapun hasilnya bisa
dilihat pada tabel 4.5 yang kemudian dari hasil tersebut akan dilanjutkan ke
proses analisis data.
Tabel
4.5 hasil Angket Responden
Responden
|
Disiplin
|
Motivasi
|
Rata
|
|||
x1.1
|
x1.2
|
x2.1
|
x2.2
|
X1
|
X2
|
|
1
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4.5
|
3.5
|
2
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4.5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4.5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5
|
2
|
4
|
3.5
|
5
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3.5
|
3
|
6
|
3
|
3
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
7
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2.5
|
2
|
8
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3.5
|
9
|
4
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2.5
|
10
|
4
|
2
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
11
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4.5
|
3.5
|
12
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4.5
|
4
|
13
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4.5
|
4
|
14
|
4
|
4
|
5
|
2
|
4
|
3.5
|
15
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3.5
|
3
|
16
|
3
|
3
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
17
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2.5
|
2
|
18
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3.5
|
19
|
4
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2.5
|
20
|
4
|
2
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
21
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4.5
|
3.5
|
22
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4.5
|
4
|
23
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4.5
|
4
|
24
|
4
|
4
|
5
|
2
|
4
|
3.5
|
Responden
|
Disiplin
|
Motivasi
|
Rata
|
|||
x1.1
|
x1.2
|
x2.1
|
x2.2
|
x1
|
x2
|
|
25
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3.5
|
3
|
26
|
3
|
3
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
27
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2.5
|
2
|
28
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3.5
|
29
|
4
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2.5
|
30
|
4
|
2
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
31
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4.5
|
3.5
|
32
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4.5
|
4
|
33
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4.5
|
4
|
34
|
4
|
4
|
5
|
2
|
4
|
3.5
|
35
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3.5
|
3
|
36
|
3
|
3
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
37
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2.5
|
2
|
38
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3.5
|
39
|
4
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2.5
|
40
|
4
|
2
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
41
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4.5
|
3.5
|
42
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4.5
|
4
|
43
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4.5
|
4
|
44
|
4
|
4
|
5
|
2
|
4
|
3.5
|
45
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3.5
|
3
|
46
|
3
|
3
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
47
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2.5
|
2
|
48
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3.5
|
49
|
4
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2.5
|
50
|
4
|
2
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
51
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4.5
|
3.5
|
52
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4.5
|
4
|
53
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4.5
|
4
|
54
|
4
|
4
|
5
|
2
|
4
|
3.5
|
55
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3.5
|
3
|
56
|
3
|
3
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
57
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2.5
|
2
|
58
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3.5
|
59
|
4
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2.5
|
60
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4.5
|
3.5
|
61
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4.5
|
4
|
62
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4.5
|
4
|
63
|
4
|
4
|
5
|
2
|
4
|
3.5
|
64
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3.5
|
3
|
65
|
3
|
3
|
4
|
1
|
3
|
2.5
|
66
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2.5
|
2
|
67
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3.5
|
Sumber
Data : hasil rekapitulasi angket
Tabel 4.6 hasil Prestasi
belajar peserta didik yang dilihat dari nilai rata-rata raport semester gasal
tahun 2011/2012
Resp
|
Prestasi
Belajar
Y
|
1
|
95
|
2
|
95
|
3
|
85
|
4
|
90
|
5
|
85
|
6
|
80
|
7
|
75
|
8
|
90
|
9
|
80
|
10
|
80
|
11
|
95
|
12
|
95
|
13
|
85
|
14
|
90
|
15
|
85
|
16
|
80
|
17
|
75
|
18
|
90
|
19
|
80
|
20
|
80
|
21
|
95
|
22
|
95
|
23
|
85
|
24
|
90
|
25
|
85
|
26
|
80
|
27
|
75
|
28
|
90
|
29
|
80
|
30
|
80
|
31
|
95
|
32
|
95
|
33
|
85
|
34
|
90
|
35
|
85
|
36
|
80
|
37
|
75
|
38
|
90
|
39
|
80
|
40
|
80
|
41
|
95
|
42
|
95
|
43
|
85
|
44
|
90
|
45
|
85
|
46
|
80
|
47
|
75
|
48
|
90
|
49
|
80
|
50
|
80
|
51
|
95
|
52
|
95
|
53
|
85
|
54
|
90
|
55
|
85
|
56
|
80
|
57
|
75
|
58
|
90
|
59
|
80
|
60
|
95
|
61
|
95
|
62
|
85
|
63
|
90
|
64
|
85
|
65
|
80
|
66
|
75
|
67
|
90
|
Sumber
Data : Data Primer
4.2.2
Analisis Data
Dari hasil penelitian pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar
(X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang
Tahun Pelajaran 2011/2012, kemudian diolah dengan menggunakan analisa regresi
linier berganda pada program SPSS, maka diperoleh perhitungan sebagai berikut :
Tabel 4.7
:Hasil regresi pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) terhadap
Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran
2011/2012
Variabel |
Coefisien
Regresi
|
T Hitung
|
T Tabel
|
Disiplin (X1)
|
14,204
|
6,411
|
2,92
|
Motivasi
belajar (X2)
|
6,449
|
3,725
|
2,92
|
53,653
|
|||
0,834
|
Sumber Data
: Lampiran SPSS
1.
Uji Parsial (Uji T)
Uji
t ini adalah untuk mengetahui berpengaruh signifikan atau tidak dari
masing-masing variabel pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2)
terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun
Pelajaran 2011/2012 dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a) Ho
: b = 0 :
yang artinya tidak ada pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2)
terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun
Pelajaran 2011/2012
b) Ho
: b ¹ 0 : yang artinya ada
pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar
Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kriteria
Uji :
Ho di tolak t hitung >
t tabel atau t hitung < -t tabel
Ho di terima - t tabel <
t hitung atau t hitung
< t tabel
Dari
hasil estimasi di atas maka dapat disusun persamaan regresi sebagai berikut :
Y
= 53,653
+ 14,204 X1 + 6,449 X2
Interprestasi constanta (a)
Constanta (a) = 53,653
berarti menganggap variabel Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) sama dengan
nol maka Prestasi Belajar Siswa (Y) sebesar 53,653 satuan
1)
Pengujian variabel Disiplin (X1)
Variabel
Disiplin (X1) mempunyai nilai thitung= 6,411 dan ttabel =
2,92 dengan a 0,05.Dari
uji t tersebut di ketahui bahwa thitung > ttabel berarti Ho di tolak dan Ha
diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang nyata antara variabel
Disiplin (X1) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto
Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012
Dan untuk mengetahui besarnya
pengaruh variabel biaya Disiplin (X1) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) dapat
di lihat dengan besarnya koefisien regresi sebesar 14,204 artinya setiap
kenaikan Disiplin (X1) sebesar 1 akan
diikuti oleh kenaikan Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto
Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012 sebesar 14,204 satuan.
2)
Pengujian Motivasi belajar (X2)
Variabel
Motivasi belajar (X2) mempunyai nilai thitung= 6,449 dan ttabel
= 2,92 dengan a 0,05. Dari
uji t tersebut di ketahui bahwa thitung >
t tabel berarti Ho di tolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada
pengaruh yang nyata antara variabel Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi
Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012
Dan untuk mengetahui besarnya
pengaruh variabel biaya Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa
(Y) dapat di lihat dengan besarnya koefisien regresi sebesar 6,449 artinya setiap kenaikan motivasi belajar (X2)
sebesar 1 akan diikuti oleh kenaikan
Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran
2011/2012 sebesar 6,449 satuan.
2.
Uji Serempak (Uji F)
Dari
uji f tersebut di ketahui Fhitung = 161,145 dan Ftabel = 3,13 jadi Fhitung
> Ftabel
ini berarti Ho di tolak, keadaan tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas
secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat atau variabel
Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh
terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun
Pelajaran 2011/2012.
Untuk mengetahui berapa besar pengaruh
keseluruhan/ serentak dari variable Disiplin (X1) dan Motivasi belajar
(X2)terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) maka dapat kita lihat pada nilai R
squared sebesar 0,834 ini mengandung arti bahwa seluruh variabel Disiplin (X1)
dan Motivasi belajar (X2) secara bersama-sama dapat menjelaskan perubahan
Prestasi Belajar Siswa (Y) sebesar 83,4 % sedangkan sisanya di pengaruhi oleh
variabel lain yang tidak ada dalam model.
bisa di masukkan juga daftar pustaka
bisa di masukkan juga daftar pustaka