(Skripsi) Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di M.A. Ghozaliyah Jogoroto Jombang BAB IV

sudah ACC
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1   Gambaran Umum Madrasah Aliyah Ghozaliyah
4.1.1        Sejarah Madrasah Aliyah Ghozaliyah
Yayasan Pendidikan Ghozaliyah, Jl. Ponpes Al-Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto-Jombang Telp./Fax. (0321) 868484. MA. Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang di dirikan tanggal 17 Juli 1991 di bawah naungan yayasan pendidikan Ghozaliyah, yang di dukung oleh para tokoh masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang handal, Cerdas, terampil, berakhlaqul karimah, serta memiliki keimanan dan ketaqwaan yang tinggi kepada Allah SWT. Sehingga mampu menghadapi tantangan di era globalisasi.
Sambutan dan kepercayaan masyarakat sangat bagus karena MA. Ghozaliyah di kelola dengan manajemen yang transparan dan akuntable. Para siswa didik dengan kedisiplinan yang tinggi dibimbing secara intensif untuk mempraktekkan ibadah dan berakhlaqul kharimah.
Dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) MA. GHOZALIYAH telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang respresentatif berupa laboratorium computer, Laboratorium IPA, Internet, Hotspot dan Corel Draw agar siswa dapat mempelajari dan menguasai teknologi siap pakai.
MA. GHOZALIYAH sumbermulyo Jogoroto Jombang menggunakan perpaduan antara kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama RI serta Kurikulum Khusus penguasaan Ilmu Agama yang diterbitkan oleh yayasan dan Ponpes. Al-Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang.
Pengembangan bakat dan minat siswa (ekstrakulikuler) MA. Ghozaliyah juga memberikan ruang bagi siswa untuk berekspresi melalui kegiatan seperti:
a.    Pramuka
b.    Olah Raga
c.    Seni Al- banjari
d.   Percetakan dan Sablon
e.    Teater
f.     Paduan Suara
g.    PKS atau Kelalulintasan
h.    Elektro
i.      Dll.
Sejak lahir Ghozaliyah bertekad mendobrak kebodohan. Ciri-cirinya terdapat pada Akhlakul Karimah. Sampai kini Ghozaliyah berdiri tetap  kuat, kokoh tak tertandingi, visi misinya maju kedepan wujudkan masyarakat mandiri.


4.1.2        Profil Madrasah
                      a.     Identitas Madrasah
                              1)      Nama Madrasah                            : Madrasah Aliyah Ghozaliyah
                            2)      Alamat                                           :.Sidowaras, Sumbermulyo, Jogoroto, Jombang, Jawa timur.
                              3)      Nama Yayasan                              : Yayasan Pendidikan Ghozaliyah
                              4)      Status Madrasah                            : Terakreditasi B
                              5)      SK. Izin Operasional Madrasah    :
nomor                                            : Kw.13.4/4/PP.00.6/447/2010
tanggal                                           : 01 Juli 2010
                              6)      NSM                                              : 131235170039
                              7)      Tahun Berdiri                                :1991
                              8)      Nama Kepala Madrasah                : Nasrullah Am  SH, S.Pd
                              9)      SK. Kepala Sekolah                      :
nomor                                            : YPG/AK/BA.04/02/2011
tanggal                                           :  01 Juli 2011
                      b.     Data Jumlah Guru Dan Siswa Tahun 2011/2012
Tabel 4.1 Jumlah Guru
Status
Jenis
Kelamin
Golongan
Pendidikan
Jumlah
Lk
Pr
II
III
IV
SLTA
D-II
D-III
S-1
S-2

PNS











Honor/GTT
18
4



2


20

22
Jumlah
18
4



2


20

22
Sumber data: M.A. Ghozaliyah

                       c.     Jumlah Siswa
Tabel 4.2 Jumlah Siswa
Kelas
Jumlah Kelas
Jenis Kelamin
Jumlah
IPA
IPS
Lk
Pr
1
1
1
25
38
63
2

2
23
44
67
3

2
24
39
63
Jumlah
1
5
72
121
193
Sumber data: M.A. Ghozaliyah
4.1.3        Visi dan Misi Madrasah Aliyah Ghozaliyah
                       a.     Visi
Visi dari M.A. Ghozaliyah adalah Terciptanya potensi peserta didik yang berkualitas, kompetitif di tingkat yang lebih tinggi dan mampu hidup mandiri.
                      b.     Misi
Misi dari M.A. Ghozaliyah adalah :
  1.  mewujudkan lembaga pendidikan yang islami dan berkualitas,
  2.  mengembangkan kurikulum madrasah yang representatip,
  3.  mendaya-gunakan SDM yang memiliki kompetensi dan proporsional,
  4.  mewujudkan generasi terampil yang berilmu dan dapat berkompetensi dalam menghadapi tantangan jaman.

4.1.4        Struktur Organisasi
                     Untuk memudahkan suatu koordinasi dalam Manajemen Sekolah maka disusunlah suatu struktur kepengurusan sebagai berikut :

gambar tidak ditemukan



4.1.5       Tujuan Madrasah


Tujuan Dari Madrasah Ghozaliyah adalah:
  1.  memiliki peserta didik yang meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaan,
  2. memiliki peserta didik yang berakhlaqul karimah kehidupan sehari-hari,
  3. memiliki peserta didik yang berprestasi dalam menguasai ilmu pengetahuan (SAINS) dan teknologi,
  4.  memiliki peserta didik yang mampu menjadi masyarakat mandiri.

4.1.6       Deskripsi Responden
Penyajian data mengenai keadaan responden dapat diketahui melalui jawaban responden dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan didalam pertanyaan umum kuisioner yang telah diberikan. Dari jawaban tersebut deskripsi penelitian akan dimulai dengan mengidentifikasi dan karakteristik responden berdasarkan demografi dan distribusi frekuensi item-item pertanyaan masing-masing variabel yang merupakan jawaban responden secara keseluruhan yang dihasilkan dalam angka prosentase.
            Adapun karakteristik responden bisa dilihat dari beberapa bagian sebagai berikut :
a. berdasarkan jumlah responden
Tabel 4.3 jumlah responden
NO
N A M A
NO
N A M A
No
N A M A
1
Dewi Maryam
24
Zainul Abidin A.
47
Ajrul F.
2
Syahidah nafsah
25
Munadhifah
48
M. Subur
3
Ida Faricha
26
Umul Maf'uliyah
49
Nenok Wahyudi
4
Walidatus Sholikhah
27
Ulfatus Sa'diyah
50
Musthofa Tuhuri
5
Silvia Mar'atul H.
28
Safer Innadia
51
Ahmad Mufid M.
6
Rikalatul N. A.
29
Hanimmatul U.
52
Miftakhul Karim
7
Siti Maria Ulfah
30
Lailatul Fitria N R
53
Nur Ainiyah
8
Siti Rofiqoh
31
Nur Hidayati
54
Farit Al-Muazzimi
9
Sirli Marzuqo
32
Devi Nofita S.
55
Ma'ruf Islamuddin
10
Siti Yani Anjarsari
33
Ria Siti Sh.
56
Firqotun
11
Nurul Badriyah
34
Siri Masruroh B
57
Aris Zuliani
NO
N A M A
NO
N A M A
No
N A M A
12
Nurma Indi A
35
Nur Lailiyah
58
Fatchur Rozi
13
Mazro'atus Sa'adah
36
Nur Maghfirotul A.
59
Hermanto
14
lailatur Rosyidah
37
Siti Masruroh A
60
Maya Fatmawati
15
Ni'matul Azimah
38
A. Qomaruddin
61
Fatchul Musthofi
16
Siti Fatimatuz Zahro
39
Aqidah Masduki
62
Bahrur Rozi
17
Arief Efendi
40
Siti Mamlu'ah
63
Fitri Devi S.
18
Nur Azizah
41
Hidayatul M.
64
Sa'id Ali M.
19
Nadia Islamiyah
42
Karimatul Ainiyah
65
Siti  Mas'udah
20
Adi Sugeng
43
Ja'far Shodiq
66
Fitri Zuliana
21
M. Ainur Rofiq
44
Saichuddin
67
Elmi Nut Aini
22
Desi Fatimatuz Z.
45
Ali Mahsun
Jumlah Total 67 Siswa
23
Zainal Arifin
46
Rani Silfiani
Sumber Data : Data Primer
b. berdasarkan jenis kelamin
Tabel 4.4 jenis kelamin
No
Jenis Kelamin
Keterangan
1
2
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
23
44
Jumlah
67
Sumber Data : Data Primer


4.2   Data Khusus
Untuk mendapatkan hasil penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, maka perlu diadakan pengolahan data sehingga hasil penelitian membuktikan hipotesis penelitian yang telah diajukan pada bab terdahulu.

4.2.1   Deskripsi data
Deskripsi data membahas tentang pengaruh Disiplin dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di M.A. Ghozaliyah Kelas IX Sumbermulyo Jombang tahun 2011/2012.
              Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan angket yang disebar kepada responden dengan beberapa pertanyaan yang menilai tentang disiplin dan motivasi belajar siswa. Adapun hasilnya bisa dilihat pada tabel 4.5 yang kemudian dari hasil tersebut akan dilanjutkan ke proses analisis data.
Tabel 4.5 hasil Angket Responden
Responden
Disiplin
Motivasi
Rata
x1.1
x1.2
x2.1
x2.2
X1
X2
1
5
4
4
3
4.5
3.5
2
5
4
4
4
4.5
4
3
5
4
3
5
4.5
4
4
4
4
5
2
4
3.5
5
4
3
3
3
3.5
3
6
3
3
4
1
3
2.5
7
2
3
3
1
2.5
2
8
5
3
3
4
4
3.5
9
4
2
1
4
3
2.5
10
4
2
4
1
3
2.5
11
5
4
4
3
4.5
3.5
12
5
4
4
4
4.5
4
13
5
4
3
5
4.5
4
14
4
4
5
2
4
3.5
15
4
3
3
3
3.5
3
16
3
3
4
1
3
2.5
17
2
3
3
1
2.5
2
18
5
3
3
4
4
3.5
19
4
2
1
4
3
2.5
20
4
2
4
1
3
2.5
21
5
4
4
3
4.5
3.5
22
5
4
4
4
4.5
4
23
5
4
3
5
4.5
4
24
4
4
5
2
4
3.5
Responden
Disiplin
Motivasi
Rata
x1.1
x1.2
x2.1
x2.2
x1
x2
25
4
3
3
3
3.5
3
26
3
3
4
1
3
2.5
27
2
3
3
1
2.5
2
28
5
3
3
4
4
3.5
29
4
2
1
4
3
2.5
30
4
2
4
1
3
2.5
31
5
4
4
3
4.5
3.5
32
5
4
4
4
4.5
4
33
5
4
3
5
4.5
4
34
4
4
5
2
4
3.5
35
4
3
3
3
3.5
3
36
3
3
4
1
3
2.5
37
2
3
3
1
2.5
2
38
5
3
3
4
4
3.5
39
4
2
1
4
3
2.5
40
4
2
4
1
3
2.5
41
5
4
4
3
4.5
3.5
42
5
4
4
4
4.5
4
43
5
4
3
5
4.5
4
44
4
4
5
2
4
3.5
45
4
3
3
3
3.5
3
46
3
3
4
1
3
2.5
47
2
3
3
1
2.5
2
48
5
3
3
4
4
3.5
49
4
2
1
4
3
2.5
50
4
2
4
1
3
2.5
51
5
4
4
3
4.5
3.5
52
5
4
4
4
4.5
4
53
5
4
3
5
4.5
4
54
4
4
5
2
4
3.5
55
4
3
3
3
3.5
3
56
3
3
4
1
3
2.5
57
2
3
3
1
2.5
2
58
5
3
3
4
4
3.5
59
4
2
1
4
3
2.5
60
5
4
4
3
4.5
3.5
61
5
4
4
4
4.5
4
62
5
4
3
5
4.5
4
63
4
4
5
2
4
3.5
64
4
3
3
3
3.5
3
65
3
3
4
1
3
2.5
66
2
3
3
1
2.5
2
67
5
3
3
4
4
3.5
Sumber Data : hasil rekapitulasi angket





Tabel 4.6 hasil Prestasi belajar peserta didik yang dilihat dari nilai rata-rata raport semester gasal tahun 2011/2012

Resp
Prestasi Belajar
Y
1
95
2
95
3
85
4
90
5
85
6
80
7
75
8
90
9
80
10
80
11
95
12
95
13
85
14
90
15
85
16
80
17
75
18
90
19
80
20
80
21
95
22
95
23
85
24
90
25
85
26
80
27
75
28
90
29
80
30
80
31
95
32
95
33
85
34
90
35
85
36
80
37
75
38
90
39
80
40
80
41
95
42
95
43
85
44
90
45
85
46
80
47
75
48
90
49
80
50
80
51
95
52
95
53
85
54
90
55
85
56
80
57
75
58
90
59
80
60
95
61
95
62
85
63
90
64
85
65
80
66
75
67
90



Sumber Data : Data Primer


4.2.2   Analisis Data
Dari hasil penelitian pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012, kemudian diolah dengan menggunakan analisa regresi linier berganda pada program SPSS, maka diperoleh perhitungan sebagai berikut :
Tabel 4.7 :Hasil regresi pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012

Variabel

Coefisien
Regresi
T Hitung
T Tabel
Disiplin  (X1)
14,204
6,411
2,92
Motivasi belajar (X2)
6,449
3,725
2,92
Constanta
53,653
R Square
0,834
Sumber Data : Lampiran SPSS
1.      Uji Parsial (Uji T)
Uji t ini adalah untuk mengetahui berpengaruh signifikan atau tidak dari masing-masing variabel pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan langkah-langkah sebagai berikut :
         a)    Ho : b = 0       :    yang artinya tidak ada pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012
         b)    Ho : b ¹ 0       :    yang artinya ada pengaruh Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kriteria Uji :
            Ho di tolak t hitung > t tabel atau t hitung < -t tabel
            Ho di terima - t tabel < t hitung  atau t hitung < t tabel
                   Dari hasil estimasi di atas maka dapat disusun persamaan regresi sebagai berikut :
            Y    =   53,653 + 14,204 X1 + 6,449 X2
                       Interprestasi constanta (a)
                   Constanta (a) = 53,653 berarti menganggap variabel Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) sama dengan nol maka Prestasi Belajar Siswa (Y) sebesar 53,653 satuan
1)        Pengujian variabel Disiplin (X1)
Variabel Disiplin (X1) mempunyai nilai thitung= 6,411 dan ttabel = 2,92 dengan a 0,05.Dari uji t tersebut di ketahui bahwa thitung >  ttabel berarti Ho di tolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang nyata antara variabel Disiplin (X1) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012
              Dan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel biaya Disiplin (X1) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) dapat di lihat dengan besarnya koefisien regresi sebesar 14,204 artinya setiap kenaikan Disiplin (X1) sebesar 1  akan diikuti oleh kenaikan Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012 sebesar 14,204 satuan.
2)        Pengujian Motivasi belajar (X2)
Variabel Motivasi belajar (X2) mempunyai nilai thitung= 6,449 dan ttabel = 2,92 dengan a 0,05. Dari uji t tersebut di ketahui bahwa thitung >  t tabel berarti Ho di tolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang nyata antara variabel Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012
              Dan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel biaya Motivasi belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) dapat di lihat dengan besarnya koefisien regresi sebesar 6,449  artinya setiap kenaikan motivasi belajar (X2) sebesar 1  akan diikuti oleh kenaikan Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012 sebesar 6,449 satuan.
2.      Uji Serempak (Uji F)
Dari uji f tersebut di ketahui Fhitung = 161,145 dan Ftabel = 3,13 jadi Fhitung > Ftabel ini berarti Ho di tolak, keadaan tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat atau variabel Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) di MA Ghozaliyah Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2011/2012.
                  Untuk mengetahui berapa besar pengaruh keseluruhan/ serentak dari variable Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2)terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) maka dapat kita lihat pada nilai R squared sebesar 0,834 ini mengandung arti bahwa seluruh variabel Disiplin (X1) dan Motivasi belajar (X2) secara bersama-sama dapat menjelaskan perubahan Prestasi Belajar Siswa (Y) sebesar 83,4 % sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam model.



Bagi yang masih pusing atau suka koleksi skripsi, silahkan aja sedoot nih skripsi di link bawah ini:
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
ABSTRACK
n jangan lupa komentarnya Gan....

2 komentar:

Posting Komentar