RPP MEMAKAI NILAI KARAKTER HIDUP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                           : SMA NEGERI 2 JOMBANG
MATA PELAJARAN           : EKONOMI
KELAS/SEMESTER            : X/1 (gasal)
ALOKASI WAKTU              : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
KOMPETENSI DASAR       : 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
INDIKATOR                          : - Menganalisis dengan cermat barang-barang apa yang di produksi
                                                - mendeskripsikan dengan cermat dan teliti bagaimana cara memproduksi barang.
                                                 - mendeskripsikan dengan teliti untuk siapa barang di produksi

I.   Tujuan pembelajaran
       Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat:
1. Menganalisis dengan cermat barang-barang apa yang di produksi
2. mendeskripsikan dengan cermat dan teliti bagaimana cara memproduksi barang.
3. mendeskripsikan dengan teliti untuk siapa barang di produksi

II.   Nilai karakter hidup
1. Cermat dalam Menganalisis barang-barang apa yang di produksi
2. Cermat dan teliti dalam mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
3. Teliti dalam mendeskripsikan untuk siapa barang di produksi

III. Materi Pembelajaran
       1. Masalah Pokok Ekonomi klasik
Pokok masalah ekonomi ada tiga, yaitu: produksi, konsumsi dan distribusi.
a. Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.
b. Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
c. Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.
2. Pokok masalah aliran ekonomi modern
Pokok masalah tadi selanjutnya diperluas oleh aliran ekonomi modern, yaitu apa dan berapa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi.
a. Apa dan siapa.
Masalah ini menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang/jasa yang perlu diproduksi agar sesuai kebutuhan masyarakat: apakah bahan makanan yang dipilih? – apakah pakaian, tempat tinggal atau jasa lain? - serta berapa banyak barang tersebut diproduksi?
b. Bagaimana.
Setelah jenis dan jumlah produksi dipilih, persoalan yang harus dipecahkan adalah: bagaimana barang tersebut diproduksi? - siapa yang memproduksi? -sumber daya apa yang digunakan? - teknologi apa yang digunakan?
c. Untuk siapa.
Setelah pemecahan persoalan bagaimana memproduksi lebih lanjut adalah: untuk siapa (for whom) barang yang akan diproduksi? - siapa yang harus menikmati?

IV. Model Pembelajaran
1. Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student teams achivement division)
2. Metode : Presentasi, Diskusi, dan Tanya jawab

V.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
            A. Kegiatan awal
1. Berdoa
2. Presensi
3. Guru memberikan appersepsi dengan cara mengingatkan kembali materi sebelumnya yaitu  memberi pertanyaan kepada siswa dengan cara memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
            B. Kegiatan inti
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin di capai
2. Guru membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, siswa berkumpul dengan kelompoknya sekaligus guru membagikan lembar kegiatan siswa.
3. Guru menjelaskan materi pelajaran secara global
4. Siswa melakukan diskusi kelompok, guru membimbing siswa pada tiap-tiap kelompok, dan  memberikan kesempatan tiap kelompok untuk presentasi kedepan, dan kelompok lain menanggapi
5. Guru memberikan tes kepada seluruh siswa
6. Guru menentukan skor peningkatan individual
7. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik.
            C. Kegiatan akhir
1. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil diskusi
2. Guru memberikan penguatan dan tugas kepada siswa
3. Guru memberikan salam untuk mengakhiri pelajaran
VI. Sumber, alat, dan Media pembelajaran
            Sumber belajar.
1. Modul Ekonomi SMAkelas X, Pengarang Dra. Hj. Sukwiaty, dkk tahun 2006 penerbit Yudhistira
            2. Modul Ekonomi SMA kelas X, Pengarang ALAM S, tahun 2006 penerbit ESIS
            3. http://www.openzine.com/masalahekonomi
            4. LKS Ekonomi X semester 1 PR
            Alat : Spidol Boardrmaker. Papan, penghapus
            Media Pembelajaran : LCD, Komputer
VII. Penilaian
 1. Teknik Penilaian
     - Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
     Tes uraian
     - SOAL
1. Siapakah tokoh teori ekonomi klasik dan modern?
2. Sebutkan permasalahan ekonomi klasik dan modern secara singkat dan jelas?
- Jawaban Soal
1. Klasik ; adam smith, J.S mill
     Modern ; alfred marshall
2. permasalahan ekonomi klasik;
a. Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.
b. Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
c. Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.
Permasalahan ekonomi modern
a. Apa dan siapa.
Masalah ini menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang/jasa yang perlu diproduksi agar sesuai kebutuhan masyarakat: apakah bahan makanan yang dipilih? – apakah pakaian, tempat tinggal atau jasa lain? - serta berapa banyak barang tersebut diproduksi?
b. Bagaimana.
Setelah jenis dan jumlah produksi dipilih, persoalan yang harus dipecahkan adalah: bagaimana barang tersebut diproduksi? - siapa yang memproduksi? -sumber daya apa yang digunakan? - teknologi apa yang digunakan?
c. Untuk siapa.
Setelah pemecahan persoalan bagaimana memproduksi lebih lanjut adalah: untuk siapa (for whom) barang yang akan diproduksi? - siapa yang harus menikmati?

0 komentar:

Posting Komentar