RPP untuk penilaian tertulis


RencanaPelaksanaanPembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Mojoagung
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi waktu : 3 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
Indikator :
1. Menjelaskan ciri manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
2.Menunjukkan contoh hubungan antara manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
3. Menunjukkan contoh perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
4.Menyebutkan faktor yang memengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhannya
5. Menunjukkan faktor lingkungan sekitar yang memengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhan
6.Menunjukkan tradisi di daerahnya yang mempengaruhi manusia dalam usaha memenuhi kebutuhannya
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.Mengidentifikasikan hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
2. Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
B. Materi Pokok
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, Student Is Teacher (setiap orang adalah guru), peragaan, penugasan
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1.Kegiatan Awal
a.Presensi
b. Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti
a.Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b.Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk menemukan fakta bahwa manusia adalah makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
c. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat menunjukkan contoh hubungan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mempelajari materi selanjutnya yang terdapat dalam buku materi.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a.Guru menanyakan materi yang sebelumnya (apersepsi).
b.Guru menjelaskan perlunya mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
2. Kegiatan Inti
a.Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b.Guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode student is teacher (semua orang adalah guru) maka murid akan bisa berfikir kreatif dan bisa mengemukakan pendapatnya masing-masing.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat dalam buku materi
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP 1 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. www.hamza_082099.blogspot.com/makhluksosial.
3. Lcd, Laptop
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis (uraian)
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral!
2. Sebutkan contoh hubungan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi!
3. Sebutkan dua contoh perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya!
4. Sebutkan dua faktor yang memengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya!
Peserta didik diberikan waktu 30 menit untuk mengumpulkan tugas yang diberikan
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
KepalaSekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
LAMPIRAN - LAMPIRAN
a. Format penilaian tertulis
Nama :
No abs. :
No
Indikator
Penilaian (1-100)
Keterangan
1
Mampu menyebutkan ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral
2
Mampu memberikan contoh hubungan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi
3
Mampu memberikan dua contoh perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
4
Mampu menyebutkan dua faktor yang memengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
JUMLAH : 4
Kriteria :
A ; 81-100 “Sempurna”
B ; 61-80 “baik”
C ; 41-60 “cukup”
D ; 20-40 “kurang”
E ; 0-19 “sangat kurang”
b. Format rekapitulasi nilai peserta didik (selama proses pembelajaran)
Kelas/semester :
Mata pelajaran :
No
NAMA
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
KET
Pemahaman
Materi(tugas)
Ketepatan
waktu
Skala
sikap
Keaktifan
1
M.ridwan
2
3
4
5
Ket:
1 ; 0-19 Sangat kurang
2 ; 20-40 kurang
3 ; 41-60 cukup
4 ; 61-80 baik
5 ; 81-100 Sempurna
Hasil skor akan dikalikan 20
Nama :
No absen:
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral !(nilai 25)
2. Sebutkan contoh hubungan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi !(nilai 25)
3. Sebutkan dua contoh perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya! (nilai 25)
4. Sebutkanduafaktor yang memengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya! (nilai 25)
Jawab:

0 komentar:

Posting Komentar