"Makalah" Belajar dan Permasalahannya


BAB I
PENDAHULUAN


1.1   Latar Belakang Masalah
Pada hakikatnya di dalam belajar senantiasa ada rintangan dan hambatan yang akan mempengaruhi prestasi yang dicapai siswa. Faktor penyebab kesulitan belajar pada dasarnya ada dua macam, yaitu faktor intern (faktor yang berasal dari diri siswa) dan faktor ekstern (faktor yang berasal dari luar diri siswa. Faktor intern meliputi keadaan fisik, keadaan emosi, gangguan psikis, intelegensi bakat khusus dan perhatian. Faktor ekstern meliputi keadaan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Keberhasilan dalam melaksanakan suatu tugas merupakan damba‘an setiap orang. Berhasil berarti terwujudnya harapan. Hal ini juga menyangkut segi efisiensi, rasa percaya diri, ataupun prestise. Lebih-lebih bila keberhasian tersebut terjadi pada tugas atau aktivitas yang berskala besar. Namun perlu disadari  bahwa pada dasarnya setiap tugas atau aktivitas selalu berakhir pada dua kemungkinan : berhasil atau gagal.
Belajar merupakan tugas utama siswa, di samping tugas-tugas yang lain. Keberhasilan dalam belajar bukan hanya diharapkan oleh siswa yang bersangkutan, tetapi juga oleh orang tua, guru, dan juga masyarakat. Tentu saja yang diharapkan bukan hanya berhasil, tetapi berhasil secara optimal. Untuk itu diperlukan persyaratan yang memadai, yaitu persyaratan psikologis, biologis, material, dan lingkungan sosial yang kondusif.
Bila keberhasilan merupakan damba‘an setiap orang, maka kegagalan juga dapat terjadi pada setiap orang. Beberapa wujud ketidak berhasilan siswa dalam belajar yaitu : memperoleh nilai jelek untuk sebagian atau seluruh mata pelajaran, tidak naik kelas, putus sekolah (dropout), dan tidak lulus ujian akhir.
Kegagalan dalam belajar sebagaimana contoh di atas berarti rugi waktu, tenaga, dan juga biaya. Dan tidak kalah penting adalah dampak kegagalan belajar pada rasa percaya diri. Kerugian tersebut bukan hanya dirasakan oleh yang bersangkutan tetapi juga oleh keluarga dan lembaga pendidikan. Oleh karena itu upaya mencegah atau setidak tidaknya meminimalkan, dan juga memecahkan kesulitan belajar melalui diagnosis kesulitan belajar siswa merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan.
Pada kenyataannya banyak siswa yang menunjukan tidak dapat mencapai hasil belajar sebagaimana yang diharapakan oleh para pendidiknya. dalam proses belajar mengajar guru atau pendidik sering menghadapi masalah adanya peserta didik yang tidak dapat mengikuti pelajaran dengan lancar, ada siswa yang memperoleh prestasi belajar yang rendah, meskipun telah diusahakan untuk belajar dengan sebaik –baiknya, dan lain sebagainya. Dengan kata lain guru atau pendidik sering menghadapi dan menemukan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar.
Manusia selalu dan senantiasa belajar bilamanapun dan dimanapun dia berada oleh karna itu perlu kita ketahui tentang faktor-faktor yang mendukung peroses belajar (purwanto ngalim:1985:79)

1.2   Rumusan Masalah
Dalam makalah ini penulis merumuskan masalah dalam bentuk beberapa pertanyaan yaitu:
a.       Apa yang dimaksud dengan Belajar?
b.      Apa saja jenis-jenis Belajar?
c.       Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses belajar?

1.3   Tujuan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis belajar dan faktor-faktor yang dapat  mempengaruhi proses belajar

1.4   Manfaat
             Dengan mengetahui tentang faktor-faktor yang berpengaruh dalam peroses belajar diharapkan para  pendidik maupun pelajar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta dapat  meningkatkan kualitas belajarnya.











Cukup ini kutipan yang bisa saya berikan keteman-teman, barangkali masih ada yang berminat untuk mengunduh file lengkapnya MAKALAH Belajar Dan Permasalahannya format Doc. silahkan downloads 


DISINI, 

Demi perbaikan untuk selanjutnya, harap mengisikan komentar untuk kritik dan sarannya, terima kasih....

2 komentar:

Poskan Komentar