RPP SMK XI IPS Gasal


SEKOLAH                              : SMK TELKOM DARUL ULUM
MATA PELAJARAN             : IPS
KELAS/SEMESTER              : XI/1 (gasal)
ALOKASI WAKTU                : 4 x 45 menit ( 2x Pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI   : 5 Memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas Sosial
KOMPETENSI DASAR         : 5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
INDIKATOR                           : - Mendeskripsikan Struktur sosial berdasarkan definisi  dan ciri-cirinya
 - Mendeskripsikan Struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
I.       Tujuan pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat:
1.      Mendeskripsikan Struktur sosial berdasarkan definisi  dan ciri-cirinya
2.      Mendeskripsikan Struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
II.    Nilai karakter hidup
1. Cermat dalam Mendeskripsikan Struktur sosial berdasarkan definisi  dan ciri-cirinya
2. Cermat dan teliti dalam Mendeskripsikan Struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
III. Materi Pembelajaran
Definisi Struktur Sosial
Struktur sosial merupakan suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang di dalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan dengan batas-batas perangkat unsur-unsur sosial yang menunjukkan pada suatu keteraturan perilaku sehingga dapat memberikan bentuk sebagai suatu masyarakat.

Fungsi Struktur sosial
Struktur sosial mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai berikut:
1.      Memberi pedoman kepada anggota masyarakat bagaimana harus bertingkah laku dan bersikap dalam menghadapi masalah-masalah yang menyangkut kepentingan bersama.
2.      Menjaga keutuhan masyarakat, dari gangguan, hambatan, dan rintangan atau ancaman
3.      Memberi pedoman kepada anggota masyarakat untuk pengendalian sosial atau sosial control.
Bentuk Struktur Sosial
1.      Secara vertical berbentuk stratifikasi sosial
2.      Secara horizontal berbentuk diferensiasi sosial
Perbedaan posisi dan pola interaksi sosial tersebut timbul karena di dalam kehidupan manusia terdapat unsur atau pola pembeda yang berlaku atau disepakati bersama dalam masyarakat yang disebut parameter sosial. Parameter sosial terdiri atas parameter nominal dan parameter graduasi.
Differensiasi Sosial
Adalah pembedaan penduduk atau masyarakat yang sifatnya horizontal yang menunjukkan perbedaan hak dan kewajiban karena perbedaan latar belakang baik secara fisik maupun sosial.
Stratifikasi Sosial
Adalah Pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarchies), perwujudannya adalah kelas-kelas tinggi dan kelas yang lebih rendah. Macam-macam stratifikasi:
1.      Stratifikasi ekonomi
2.      Stratifikasi politik
3.      Stratifikasi status sosial
IV. Model Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran Make a Macth (Kartu Tanya-Jawab) & Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak kata ( Untuk memberikan gambaran kepada peserta didik tentang sosialisasi secara personal).
2.      Metode : Presentasi, Diskusi, dan Tanya jawab.
V.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
A. Kegiatan awal
1.      Berdoa
2.      Presensi
3.      Guru memberikan appersepsi dengan cara memberi pertanyaan kepada siswa dan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang struktur sosial.
B. Kegiatan inti
1.      Guru menjelaskan secara umum tentang materi struktur social berdasarkan definisi dan ciri-cirinya pada hari itu.
2.      Guru memberikan Kartu Tanya-jawab terhadap peserta didik,
3.      Setiap Peserta didik memegang Satu kartu.
4.      Peserta didik diberikan waktu untuk mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartu yang telah dipegangnya.
5.      Setiap pasangan disuruh membacakan kartu Tanya-jawab yang dipegangnya.
6.      Semua peserta didik Memberikan penilaian terhadap pasangan kartu Tanya-jawab
7.      Setelah semua kartu sudah cocok, kartu itu diacak lagi dan peserta didik mencari pasangan kartunya lagi.
C. Kegiatan akhir
1.      Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil diskusi
2.      Guru memberikan penguatan dan tugas kepada siswa
3.      Guru memberikan salam untuk mengakhiri pelajaran

Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
A.    Kegiatan awal
1.      Berdoa (  nilai karakter yang ditanamkan adalah ketaqwaan / taqwa kepada Tuhan YME ).
2.      Mengecek kehadiran peserta didik atau presensi (nilai karakter yang ditanamkan adalah kedisiplinan / disiplin ).
3.      Apersepsi yang dapat dilakukan guru yaitu dengan memberikan pre tes. Pre tes dapat dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang sudah diberikan sebelumnya atau materi yang akan diajarkan.
4.      Motivasi : guru menyampaikan rencana pembelajaran pada hari itu, dan memberikan motivasi kepada peserta didik agar siap menerima materi pelajaran berikutnya tentang sosialisasi, sehingga proses belajar mengajar pada hari itu juga dapat berjalan efektif dan efisien. Seluruh kegiatan awal, alokasi waktu yang dibutuhkan selama 10 menit.
B.     Kegiatan inti
1.      Guru menjelaskan secara umum tentang materi struktur social menurut fungsi dan bentuk-bentuknya pada hari itu.
2.      Guru meminta peserta didik untuk berpasangan dengan teman sebelahnya ( kelompok 2 orang ). Hal ini dilakukan untuk mengetahui daya serap atau pemahaman tentang materi pada hari itu.
3.      Guru akan menyuruh seorang dari pasangan itu untuk mengambil undian kertas berdasarkan nomor kotak (berisi sebuah pertanyaan) yang telah dipilih oleh salah satu pasangan peserta didik.
4.      Guru menyuruh peserta didik untuk menjawab dari pertanyaan yang sudah diambil dari dalam kotak yang sudah dipersiapkan. Bagi peserta didik yang secara tepat menjawab dan benar, maka akan mendapatkan poin.
5.      Guru menyuruh peserta didik untuk bergiliran / diacak mengambil pertanyaan yang sudah disiapkan dalam kotak yang berbeda, begitu seterusnya.
6.      Sebelum proses belajar diakhiri, guru secara langsung melakukan evaluasi terhadap peserta didik.
7.      Guru memberikan kesimpulan terhadap materi yang sudah dibahas pada hari itu,
C. Kegiatan akhir
1.      Guru melakukan refleksi dengan cara memberikan penguatan materi dalam bentuk kuis, baik secara lisan atau tertulis terhadap materi yang dipelajari pada pertemuan itu.
2.      Guru meminta pendapat kepada peserta didik terhadap proses belajar mngajar pada hari itu dengan metode kooperatif tipe tebak kata.
3.      Guru mengajak semua peserta didik untuk berdoa sebelum kegiatan belajar mengajar pada hari itu diakhiri.
4.      Guru akan memberikan informasi kepada seluruh peserta didik tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.      Guru keluar kelas tepat pada waktunya dan memberikan salam
VI. Sumber, alat, dan Media pembelajaran
Sumber belajar.
1.      Modul  Ilmu Pengetahuan Sosial SMK kelas XI, Pengarang Sudarto hadi sumarno tahun 2008 penerbit Tiga Serangkai
2.      LKS SMK Ilmu Pengetahuan Sosial XI semester 1 Simpati
            Alat : Spidol Boardrmaker. Papan, penghapus
            Media Pembelajaran : LCD, computer, Kartu Tanya-jawab, Kotak pertanyaan
VII. Penilaian
1.      Teknik Penilaian
- Tes tertulis (terlampir)
- Tes Lisan
2.      Bentuk Instrumen
-  Tes uraian,
1.      Jelaskan dengan singkat pengertian struktur social!(nilai 15)
2.      Sebutkan empat unsur pembeda lapisan social?(Nilai 20)
3.      Jelaskan Pengertian struktur Sosial menurut pendapat para ahli!(Nilai 15)
4.      Jelaskan secara singkat perbedaan antara parameter nominal dan parameter gradual!(Nilai 25)
5.      Jelaskan secara singkat proses terbentuknya stratifikasi social dalam masyarakat!(nilai 25)

Mengetahui,
Guru Pamong




Mu’in Hasanudin, SH

Jombang. 18, Juli  2011
Mahasiswa Praktikan




R. Wakhid Hamza Kusuma



A.    FORMAT PENILAIAN PESERTA DIDIK
No
NAMA
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
KET
Pemahaman
Materi(tugas)
Ketepatan
waktu
Skala
sikap
Keaktifan
1








2








3








4








5












































Hasil Nilai aspek Dibagi 4 Menjadi Jumlah Skor
Ket: Nilai Dari         20- 50 = C
                                          51- 80 = B
                                          81- 100 = A

0 komentar:

Posting Komentar